GEJALA ASAM URAT DAN CARA MENYINGKIRKANNYA

By | Juli 5, 2018

Gejala asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan rasa sakit yang hebat pada salah satu atau lebih sendi pada tubuh. Semua sendi pada tubuh dapat terkena asam urat, akan tetapi sendi yang sering terkena adalah sendi pada jari kaki, jari tangan, pergelangan kaki dan lutut.

Biasanya penyakit asam urat menyerang kepada mereka yag berusia 30 tahun atau lebih, tapi tidak menutup kemungkinan yang masih berusia dibawah 30 tahun pun dapat terkena risiko penyakit asam urat apabila tidak pernah menghindari beberapa penyebab asam urat.

Selain itu, laki-laki lebih berisiko terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan. akan tetapi perempuan lebih berisiko terkena penyakit asam urat ketika sudah menginjak masa menopause.

gejala asam urat kumadu herbal kunyit

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat sering kali ditangani dengan lambat sehingga asam urat yang tidak cepat diobati dapat menimbulkan kerusakan sendi permanen. Untuk itu mari kita bahas apa saja gejala asam urat dan cara menyingkirkannya urat agar penyakit asam urat dapat ditangani dengan baik dan cepat.

  1. Terasa nyeri pada sendi dan disertai dengan pembengkakan
    Timbulnya nyeri pada persendian merupakan gejala umum yang biasa dirasakan penderita penyakit asam urat. rasa nyeri biasanya berlangsung beberapa hari sekitar 2-10 hari namun apabila gejala asam urat tidak segera diobati dengan baik maka rasa nyeri dapat berlangsung sampai beberapa minggu.
    Selain itu, rasa nyeri pada sendi selalu disertai pembengkakan pada area sendi tersebut yang diakibatkan oleh penumpukan kadar asam urat yang berlebihan pada tubuh.
  2. Sendi yang terasa nyeri telihat berwarna merah
    Tingginya kadar asam urat pada tubuh menimbulkan timbulnya kristal kecil dalam jumlah yang banyak dan ini dapat memicu rasa nyeri dalam sendi terlihat berwarna merah. Gejala asam urat ini sering tidak disadari karena mengira bahwa gejala aini termasuk gejala biasa saja.
  3. Sendi menjadi panas
    Sendi yang terkena penyakit asam urat akan terasa lebih panas, hal ini terjadi karena tingginya kadar asam urat pada tubuh yang menumpuk pada sendi tersebut sehingga timbul rasa panas dan disertai pembengkakan pada area sendi tersebut
  4. Sendi menjadi keras dan sulit digerakan
    Tingginya kadar asam urat yang menumpuk pada sendi menimbulkan pembengkakan. Apabila pembengkakan yang ditimbulkan oleh asam urat, maka beberapa lama kemudian sendi akan menjadi kaku dan sulit sekali untuk digerakan.

Apa Saja Penyebab Tingginya Kadar Asam Urat Pada Tubuh ?

Gejala asam urat timbul karena tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi. Hal ini sebab terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan purin yang tinggi. Apa itu purin ?

Purin adalah jenis zat yang dapat ditemukan dalam makanan atau minuman tertentu. Terlalu sering asupan zat purin pada tubuh menimbulkan naiknya kadar asam urat pada tubuh.

Berikut adalah makanan yang mengadung purin tinggi yang harus dibatasi

  • Jeroan Hewan (Hati, Otak, Ginjal, dan Jantung)
  • Daging Hewan (Sapi, Domba, Ayam dan Bebek)
  • Sayuran Tertentu (Asparagus, Jamur, Bayam, Kol dan Daun Pepaya)
  • Gorengan
  • Seafood (Kerang, Lobster, Cumi-cumi dan Kepiting)

Selain itu, Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat meskipun makanan manis tidak mengandung kandungan purin yang tinggi. Untuk itu batasi juga untuk mengkonsumsi makanan manis agar terhindar dari penyakit asam urat.

Selain faktor makanan dan minuman penyakit asam urat dapat disebabkan oleh faktor internal yaitu faktor keturunan atau genetika dan faktor obesitas.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Dengan menghindari makanan-minuman yang dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh saja tidak cukup untuk mengatasi penyakit asam urat. Anda pun harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Berikut adalah makanan penurun kadar asam urat pada tubuh yang dapat anda konsumi :

  • Meminum air putih yang banyak
  • Meninum teh hijau alami
  • Meninum madu asli secara rutin
  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C
  • Kentang
  • Seledri
  • Susu rendah lemak
  • Salmon
  • Coklat

Akan tetapi kadar asam urat pada tubuh juga dapat diturunkan dengan aktivitas-aktivitas positif seperti dengan senam, yoga, bersepeda dan berenang. Karena dengan aktivitas-aktivitas tersebut otot dan persendian akan lebih aktif dan membuat peredaran darah menjadi lancar kembali. (Sumber:Google)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.