GEJALA KOLESTEROL TINGGI DAN ASAM URAT YANG HARUS DIWASPADAI

By | Juni 30, 2018

Gejala Kolesterol Tinggi – Kolesterol Tinggi dan asam urat merupakan penyakit yang berkaitan satu sama lain, karena dengan meningkatnya kolesterol tinggi maka hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Selain itu kolesterol tinggi dan asam urat memiliki persamaan pada ciri-ciri atau gejala yang timbul. Akan tetapi gejala dari penyakit kolesterol tinggi dan asam urat jarang sekali disadari oleh masyarakat luas. Karena sering beranggapan bahwa gejala dari penyakit kolesterol tinggi dan asam urat merupakan gejala yang tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan, Sehingga pemikiran tersebut mengakibatkan penderita kolesterol tinggi dan asam urat semakin meningkat.

gejala kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana meningkatnya kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau sering disebut juga dengan kolesterol jahat, yang dibawa oleh darah. Penumpukan kolesterol jahat ini dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan yaitu tekanan darah tinggi, menyumbat aliran pembuluh darah pada arteri (stroke), penyakit jantung dan penyakit asam urat. Penyebab dari kolesterol tinggi adalah karena pola makanan yang kurang sehat dimana makanan tersebut mengandung kolesterol yang cukup tinggi seperti daging dapi, daging domba, keju, seafood, sosis dan lain sebagainya. Akan tetapi jarang berolahraga dapat menjadi pemicu terkena penyakit kolesterol tinggi.

Sedangkan Asam Urat adalah kondisi yang mengakibatkan rasa nyeri pada persendian tertentu, rasa nyeri ini biasa disertai dengan pembengkakan pada area sendi. Hal ini terjadi karena penumpukan zat purin atau kolesterol jahat pada tubuh yang dapat membentuk kristal tajam pada persendian sehingga sendi tersebut terasa sakit yang tidak tertahankan.

Perlu diketahui penyakit kolesterol dan asam urat yang tidak segera diatasi akan berdampak buruk untuk kesehatan serta penyakit kolesterol tinggi dan asam urat akan menjadi sulit untuk disembuhkan. Untuk itu penting sekali kita untuk mengetahui apa kaitan kolesterol tinggi dan asam urat serta gejala apa saja yang timbul dari penyakit kolesterol tinggi dan asam urat. Karena dengan mengetahuinya, penganganan penyakit kolesterol tinggi dan asam urat akan semakin mudah dan cepat.

Gejala Kolesterol Tinggi Dan Asam Urat

  1. Mudah lelah dan pusing
    Kelebihan kadar kolesterol jahat pada tubuh mengakibatkan tubuh menjadi mudah kelelahan dan pusing kepala meskipun sedang tidak melakukan aktivitas berat apaun. Hal ini sebabkan karena kolesterol terlah menyumbat aliran pembuluh darah ke area vital tubuh sehingga area tersebuh kekurangan pasokan darah, oksigen dan protein yang cukup.
  2. Merasa pegal dan sering kesemutan
    Seringnya kesemutan adalah salah satu ciri gejala penyakit asam urat pada tahap pertama, namun kesemutan ini sering disertai dengan rasa pegal pada tubuh apabila bersamaan dengan naiknya kolesterol tinggi. Rasa pegal ini biasa dirasakan pada area puggung dan leher.
  3. Persendian terasa sakit secara tiba-tiba
    Tingginya zat purin pada tubuh dan disertai naiknya kadar kolesterol akan memudahkan pembentukan kristal tajam pada persendian dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga hal ini menimbulkan pembengkakan pada sendi dan terasa sakit yang tidak tertahankan. Rasa sakit pada sendi ini akan terus berulang ulang dan semakin sakit. Apabila tidak segera ditangani maka sendi akan sulit untuk digerakan kembali, akan tetapi masih dapat diobati.
  4. Jantung berdebar-debar
    Penumpukan kadar kolesterol jahat dan asam urat pada tubuh dapat mengkibatkan jantung berdebar lebih cepat dari biasanya. penyebabnya adalah kolesterol yang cukup tinggi akan membentuk plak pada pembuluh darah yang dapat menyubat aliran darah tersebut sehingga jantung akan semakin keras dalam memompa darah keseluruh organ pada tubuh.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi dan asam urat yang harus diwaspadai. apabila gejala diatas telah dirasakan maka segeralah lakukan pemeriksaan secara cepat agar kondisi dari kolesterol tinggi dan asam urat tidak semakin parah dan sulit untuk diobati. Selain itu membiasakan pola makanan yang sehat serta olahraga yang rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit kolesterol tinggi dan asam urat lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.