PANTANGAN MAKANAN ASAM URAT YANG PENTING UNTUK DIPATUHI

By | Juli 12, 2018

Pantangan Makanan Asam Urat – Penyakit asam urat sering kali menyerang kepada mereka yang berumur lebih dari 50 tahun. Namun kini tak jarang asam urat menyerang kepada mereka yang muda. Hal ini terjadi karena mereka tidak pernah menghindari apa saja penyebab asam urat serta tidak memperhatikan apa saja yang menjadi pantangan makanan asam urat.

Naiknya kadar asam urat pada tubuh bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu makanan atau minuman, berat badan berlebihan, keturunan dan kekurangan berolahraga. Namun yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit asam urat adalah faktor makanan atau minuman.

Bagaimana Makanan Atau Minuman Dapat Menimbulkan Asam Urat ?

Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan terkena asam urat ialah makanan yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Purin adalah senyawa yang bisa ditemukan pada beberapa makanan atau minuman yang apabila masuk ke tubuh maka purin dapat dimetabolisme menjadi asam urat.

Namun asam urat ringan yang disebabkan oleh terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi purin masih dapat diatasi dengan melakukan diet makanan tinggi purin makanan meminum obat asam urat untuk penyembuhan secara maksimal.

pantangan asam urat

Pantangan Makanan Asam Urat

Makanan yang dapat memicu asam urat meliputi berbagai Jeroan Hewan, daging merah, seafood, alkohol dan bir. Karena makanan tersebut mengandung kandungan purin yang cukup tinggi.

Selain itu terdapat juga beberapa sayuran yang menjadi pantangan makanan asam urat yang harus dipatuhi untuk dihindari, karena sayuran tersebut mengandung kandungan tinggi purin juga yaitu kol, bayam, asparagus, jamur dan daun pepaya.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi kandungan purin tentu saja dapat menimbulkan penyakit asam urat serta memperparah kondisi asam urat tersebut. Untuk itu kenali apa saja pantangan asam urat secara rinci untuk dihindari agar kondisi asam urat anda tidak semakin parah.

  1. Jeroan Hewan
    Jeroan Hewan merupakan organ dalam pada hewan yang memiliki kandungan tinggi purin. Jeroan hewan tinggi purin ini meliputi hati, jantung, ginjal, usus, limpa, babat terutama pada jeroan sapi, domba dan babi.
    Rata rata kandungan purin pada jeroan hewan terdapat 650mg/1000g. Angka tersebut cukup menimbulkan naiknya kadar asam urat pada tubuh.
  2. Daging Merah
    Mulai dari sekarang berhentilah mengkonsumsi daging merah secara berlebihan karena daging merah terdapat purin yang cukup tinggi. Daging merah dengan purin yang cukup tinggi biasanya terdapat sapi, domba, babi dan bacon.
  3. Seafood
    Seafood atau makanan laut merupakan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi didalam seafood pun terdapat kandungan tinggi purin yang dapat memicu timbulnya asam urat.
    Selain itu seafood mengandung kolesterol yang dapat memicu penyakit kolesterol tinggi seperti pada udang, lobster, cumi-cumi, kepiting dan kerang.
  4. Sayuran Hijau Tertentu
    Ada beberapa sayuran yang tidak baik dikonsumsi untuk penderita asam urat diantaranya jamur, kol, bayam, asparagus dan daun pepaya, dimana sayuran tersebut juga mengandung purin yang cukup tinggi.
  5. Soda
    Didalam soda tidak terkandung kandungan purin ayng cukup tinggi, Namun soda mengandung kandungan gula empat kali lebih banyak dari pada makanan manis biasanya. Sehingga soda pun dapat memicu timbulnya asam urat serta memperparah kondisi sakit yang diakibatkan oleh asam urat.
  6. Alkohol Dan Rokok
    Mulai dari sekarang berhentilah mengkonsumsi alkohol serta merokok, karena dua-duanya merupakan jenis pantangan makanan asam urat yang dapat memperparah kondisi sendi yang diakibatkan oleh asam urat.

Selain itu batasi juga mengkonsumi roti atau karbohindrat karena jenis makanan tersebut juga memicu kambuhnya asam urat walaupun termasuk kedalam makanan rendah purin.

Adapula jenis makanan rendah purin akan tetapi dapat menimbulkan penyakit asam urat sekaligus menjadi pantangan makanan asam urat yang harus dihindari yaitu berbagai makanan dan minuman manis.

Bahkan dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa dari seratus ribu lebih peserta terdapat 62% yang terkena asam urat karena terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Selain itu terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Apa Saja Makanan Yang Dapat Menurunkan Asam Urat Tinggi ?

Kadar asam urat yang tinggi dapat diturunkan dengan beberapa hal seperti meminum air putih secara rutin dan rajin berolahraga. Selain itu anda dapat mengkonsumsi makanan penurun asam urat yaitu sebagai berikut :

  1. Buah-buahan (Buah-buahan tinggi vitamin C)
  2. Sayuran (Wortel, kentang, brokoli, timun dan tomat)
  3. kacang-kacangan (kacang polong, kacang hijau, kacang panjang)
  4. Biji-bijian
  5. Susu rendah lemak
  6. Telur
  7. Madu alami
  8. Minuman
  9. Minyak zaitun
  10. Herbal (kumadu herbal kunyit)

Itulah jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat tinggi pada tubuh. Namun hal ini harus diimbangi dengan menghindari pantangan asam urat agar penyakit asam urat tidak semakin parah dan berkelanjutan. Sumber(Google)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.