PENGERTIAN KOLESTEROL LDL (JAHAT), HDL(BAIK) DAN TRIGLISERIDA

By | Juli 2, 2018

PENGERTIAN KOLESTEROL LDL (JAHAT), HDL(BAIK) DAN TRIGLISERIDA

Pengertian Kolesterol – Sering kali kolesterol dianggap sesuatu yang dapat membahayakan kondisi tubuh, Perlu diketahui kolesterol sebenarnya merupakan senyawa yang berguna bagi tubuh dalam pembentukan sel-sel baru dan juga pembentukan hormon. Akan tetapi kelebihan senyawa kolesterol dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Sebagian kecil kolesterol dihasilkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi dan sebagian lagi kolesterol diproduksi oleh hati.

Kolesterol terbagi kedalam tiga jenis yaitu kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein, HDL (High Density Lipoprotein) dan trigliserida. berikut adalah penjelasan mengenai ketiga jenis kolesterol tersebut.

pengertian kolesterol

  1. Pengertian Kolesterol LDL

    Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau sering juga disebut dengan kolesterol jahat adalah senyawa kolesterol yang dibawa darah akan tetapi jumlah protein nya lebih sedikit dibandingkan dengan lemaknya, sehingga kolesterol LDL dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh.
    Kolesterol jahat yang menumpuk pada tubuh dapat menimbulkan pembentukan plak-plak keras pada dinding pembuluh arteri, hal ini dapat menimbulkan aliran darah menjadi terhambat sehingga beberapa organ pada tubuh akan kekurangan pasokan darah, oksigen dan protein yang cukup.
    Kekurangan darah, oksigen dan protein yang cukup pada organ dapat menimbulkan beberapa penyakit komplikasi yang dapat mengancam kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi dan ginjal.
    Penyebab tingginya kadar senyawa LDL pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

    • Pola makanan yang kurang sehat
      Makanan merupakan akar dari segala penyakit dalam, Nah apabila kita tidak memperhatikan pola makanasn yang benar maka tubuh akan mudah terkena penyakit terutama penyakit kolesterol. Agar terhindari penyakit kolesterol ada beberapa makanan atau minuman yang harus anda hindari atau dibatasi.

      • Makanan yang digoreng
      • Makanan manis
      • Daging merah
      • Soda
      • Alkohol
      • Keju
    • Jarang Berolahraga
      Olahraga merupakan suatu aktivitas yang dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga olahraga dapat mengurangi risiko penumpukan lemak pada tubuh tersebut. Namun apabila tubuh kurang digerakan dengan olahraga maka hal ini dapat mempercepat pertumbuhan kolesterol jahat pada tubuh.
    • Sering merokok
      Keseringan merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan, selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru, keseringan merokok juga dapat mengakibatkan penyakit kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh zat kimia pada rokok dapat mengakibatkan penurunan kolesterol baik dan meningkatkan penumpukan kolesterol jahat pada tubuh.
      Serta zat nikotin pada rokok pun dapat mempercepat penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah pada tubuh.
  1. Pengertian Kolesterol HDL

    Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik adalah jenis kolesterol yang dapat membawa kolesterol jahat ke hati untuk dibuang. Dengan banyaknya kolesterol HDL pada tubuh maka kondisi kesehatanpun akan semakin baik pula karena jumlah protein pada kolesterol HDL pun cukup banyak. Adapun faktor yang dapat meningkatkan kolesterol HDL.

    • Sering Berolahraga
      Olahraga merupakan suatu upaya dalam meningkatkan kolesterol HDL pada tubuh, maka dengan olahraga yang rutin risiko terkena penyakit kolesterol tinggi akan kecil sekali.
    • Konsumsi makanan peningkat kolesterol HDL
      Kolesterol HDL pun dapat diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, akan tetapi upaya ini harus diimbangi dengan mengurangi atau menghindari mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol, berikut adalah makanan peningkat kolesterol HDL yang baik untuk dikonsumsi

      • Oatmeal
      • Biji-bijian atau kacang
      • Yoghurt
      • Buah-buahan asam
  1. Pengertian Trigliserida

    Trigliserida adalah jenis lemak yang dibawa darah sebagai hasil konsersi sebagian besar lemak dalam tubuh atau sering disebut juga dengan lemak darah. Trigliserida berguna sebagai cadangan energi tubuh yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, Namun tubuh pun dapat memproduksi trigliserida dengan sendirinya.
    Perbedaan Trigliserida dengan kolesterol adalah jika trigliserida berguna sebagai cadangan energi sedangkan kolesterol berguna untuk pembentukan sel baru dan hormon. Namun keduanya memliki persamaan yaitu tidak dapat larut dengan darah dan keduanya sama-sama berpotensi menyebabkan penyakit.
    Trigliserida tinggi yang tidak segera diobati dapat mengakibatkan penyakit stroke dan jantung. Namun dengan olahraga yang teratur, menghindari makananan manis dan makanan tinggi lemak maka kadar triliserida pada tubuh akan menurun.

Itulah jenis-jenis kolesterol yang dapat anda ketahui. Penyakit kolesterol tersebut sering kali ditandai dengan kepala yang pusing dan sering merasakan kesemutan apabila telah terjadi penumpukan lemak pada tubuh. Untuk itu dari sekarang mulailah untuk hidup sehat dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol pada tubuh dan diimbangi denganolahraga yang rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.